Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

Lembaga Pusat Fatwa dan Riset Ilmiyah | Kerajaan Arab Saudi | Merayakan Ulang Tahun

فتوى رقم ( 2008 ):

س: يوجد لدينا بعض إخواننا المسلمين أقاموا لأنفسهم ولأولادهم أعياد ميلاد فما هو رأي الإِسلام في هذه الأعياد؟

ج: الأصل في العبادات التوقيف، فلا يجوز لأحد أن يتعبد بما لم يشرعه الله؛ لقوله عليه الصلاة والسلام في الحديث الصحيح: من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد ، وقوله: من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد ، وأعياد الموالد نوع من العبادات المحدثة في دين الله فلا يجوز عملها لأي أحد من الناس مهما كان مقامه أو دوره في الحياة، فأكرم الخلق وأفضل الرسل عليهم الصلاة والسلام محمد بن عبد الله صلى الله عليه وسلم لم يحفظ عنه أنه أقام لمولده عيدًا ولا أرشد إليه أمته، وأفضل هذه الأمة بعد نبيها خلفاؤها وأصحابه ولم يحفظ عنهم أنهم أقاموا عيدًا لمولده أو لمولد أحد منهم رضوان الله عليهم، والخير في اتباع هديهم وما
استقوه من مدرسة نبيهم صلى الله عليه وسلم، يضاف إلى ذلك ما في هذه البدعة من التشبه باليهود والنصارى وغيرهم من الكفرة فيما أحدثوه من الأعياد، والله المستعان.

وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإِفتاء

عضوعضونائب رئيس اللجنةالرئيس
عبد الله بن قعودعبد الله بن غديانعبد الرزاق عفيفيعبد العزيز بن عبد الله بن باز

Fatwa Nomor (2008):

Pertanyaan: Ada beberapa saudara kami yang muslim merayakan hari ulang tahun mereka dan anak mereka. Apakah pandangan Islam tentang perayaan ini?

Jawaban: Dasar beribadah adalah tauqif (ketetapan). Siapapun tidak boleh beribadah dengan hal-hal yang tidak disyariatkan oleh Allah, berdasarkan sabda Rasulullah 'Alaihi ash-Shalatu wa as-Salam dalam hadits shahih : Barangsiapa mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini yang bukan berasal dari urusan agama kami, maka perkara itu tertolak. Juga sabda beliau : Barangsiapa melakukan suatu perbuatan yang tidak berdasarkan urusan (agama) kami, maka perbuatan tersebut tertolak.

Merayakan hari ulang tahun adalah salah satu bentuk dari ibadah yang dibuat-buat dalam agama Allah. Siapa saja tidak boleh melakukannya, apa pun posisi dan perannya dalam kehidupan masyarakat. Tidak ada riwayat yang menyatakan bahwa makhluk termulia dan rasul terbaik Muhammad bin Abdullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam merayakan hari kelahiran beliau dan tidak juga menganjurkan hal itu kepada umat beliau. Sebaik-baik umat setelah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah para khalifah dan para sahabat beliau. Tidak ada juga riwayat yang menjelaskan bahwa meraka merayakan hari kelahiran Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam atau hari kelahiran salah seorang dari mereka Ridhwanullah 'Alaihim. Segala kebaikan adalah dengan mengikuti petunjuk mereka dan pelajaran yang mereka ambil Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Lebih dari itu, perayaan tersebut merupakan bid'ah karena menyerupai kaum Yahudi, Nasrani dan orang-orang kafir lainnya dalam perayaan-perayaan yang mereka lakukan. Wallahul Musta`an.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa

AnggotaAnggotaWakil Ketua KomiteKetua
Abdullah bin Qu'udAbdullah bin GhadyanAbdurrazzaq `AfifiAbdul Aziz bin Abdullah bin Baz


Sumber :
  1. الاحتفال بعيد ميلاد الأولاد
  2. Merayakan Hari Ulang Tahun Anak

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)