Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

Kaidah Shorof 005 || Keadaan Bentuk Fi'il Madhi Tsulatsi bersama Mudhari'-nya

Kaidah Shorof

Kaidah :
Keadaan Bentuk Fi'il Madhi Tsulatsi bersama Mudhari'-nya :
Dalam Bahasa Arab, fi'il (madhi tsulatsi dan mudhari'-nya) -berdasarkan harakat 'ain fi'ilnya- terbagi menjadi enam BAB:
1.Bab Pertama, seperti :نَصَرَ يَنْصُرُ
2.Bab Kedua, seperti :ضَرَبَ يَضْرِبُ
3.Bab Ketiga, seperti :فَتَحَ يَفْتَحُ
4.Bab Keempat, seperti :عَلِمَ يَعْلَمُ
5.Bab Kelima, seperti :كَرُمَ يَكْرُمُ
6.Bab Keenam, seperti :حَسِبَ يَحْسِبُ

Kaidah Shorof

Perhatikan :
  1. Fi'il ُكَتَبَ يَكْتُب harakat 'ain fi'il madhi-nya fathah dan harakat 'ain fi'il mudhari'-nya dhammah, maka ini masuk pada Bab Pertama. Fi'il lainnya yang serupa : نَصَرَ يَنْصُرُ dan أَكَلَ يَأْكُلُ dan خَرَجَ يَخْرُجُ, ini juga masuk pada Bab Pertama.
  2. Fi'il ُجَلَسَ يَجْلِسُ harakat 'ain fi'il madhi-nya fathah dan harakat 'ain fi'il mudhari'-nya kasrah, maka ini masuk pada Bab kedua. Fi'il lainnya yang serupa : ضَرَبَ يَضْرِبُ dan نَطَقَ يَنْطِقُ dan غَسَلَ يَغْسِلُ, ini juga masuk pada Bab Kedua.

Kaidah Shorof

Perhatikan :
  1. Fi'il فَتَحَ يَفْتَحُ harakat 'ain fi'il madhi-nya fathah dan harakat 'ain fi'il mudhari'-nya fathah, maka ini masuk pada Bab Ketiga. Fi'il lainnya yang serupa : مَسَحَ يَمْسَحُ dan قَطَعَ يَقْطَعُ dan ذَهَبَ يَذْهَبُ, ini juga masuk pada Bab Ketiga.
  2. Fi'il عَلِمَ يَعْلَمُ harakat 'ain fi'il madhi-nya kasrah dan harakat 'ain fi'il mudhari'-nya fathah, maka ini masuk pada Bab Keempat. Fi'il lainnya yang serupa : لَعِبَ يَلْعَبُ dan شَرِبَ يَشْرَبُ dan رَكِبَ يَرْكَبُ, ini juga masuk pada Bab Keempat.

القواعد الصرفية

Perhatikan :
  1. Fi'il سَهُلَ يَسْهُلُ harakat 'ain fi'il madhi-nya dhammah dan harakat 'ain fi'il mudhari'-nya dhammah, maka ini masuk pada Bab Kelima. Fi'il lainnya yang serupa : قَرُبَ يَقْرُبُ dan عَظُمَ يَعْظُمُ dan حَرُمَ يَحْرُمُ, ini juga masuk pada Bab Kelima.
  2. Fi'il حَسِبَ يَحْسِبُ harakat 'ain fi'il madhi-nya kasrah dan harakat 'ain fi'il mudhari'-nya kasrah, maka ini masuk pada Bab Keenam.

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)