Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

Tidak Sholat itu Dosa Maksiat yang Bisa men-Jatuh-kan dalam ke-Kafir-an

Hukum Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat Menurut Islam
Asy Syaikh Sa'id bin Ali bin Wahf al Qohtoni

الحمد للَّه وحده، والصلاة والسلام على من لا نبي بعده.
أما بعد:

Meninggalkan sholat wajib itu kekufuran. Barangsiapa yang meninggalkannya, mengingkari akan kewajibannya maka dia telah kafir "kufur akbar" berdasarkan ijma' para ulama, meskipun dia melaksanakan sholat.[1], adapun orang yang meninggalkan sholat secara keseluruhan, sementara dia masih meyakini akan wajibnya dan tidak mengingkarinya, maka dia juga kufur, dan yang paling tepat dari pendapat para ulama, bahwasanya kufurnya kufur akbar, yang mengeluarkan dari Islam; berdasarkan beberapa dalil, diantaranya -secara ringkas- berikut ini :

Allah ta'ala berfirman :
يَوْمَ يُكْشَفُ عَنْ سَاقٍ وَيُدْعَوْنَ إِلَى السُّجُودِ فَلَا يَسْتَطِيعُونَ * {خَاشِعَةً أَبْصَارُهُمْ تَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ وَقَدْ كَانُوا يُدْعَوْنَ إِلَى السُّجُودِ وَهُمْ سَالِمُونَ} [القلم: 43-42]
Pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud; maka mereka tidak kuasa, * (dalam keadaan) pandangan mereka tunduk ke bawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesungguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud, dan mereka dalam keadaan sejahtera. [Al Qolam : 42-43]

Ini menunjukkan bahwasanya orang yang meninggalkan sholat, bersama dengan orang-orang kafir dan munafiq, yang tetap tegak punggung-punggung mereka ketika kaum muslimin sujud, sekiranya mereka termasuk muslim maka pasti diizinkan pula untuk sujud sebagaimana kaum muslimin lainnya.

Allah azza wajalla berfirman :
كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ (38) إِلَّا أَصْحَابَ الْيَمِينِ (39) فِي جَنَّاتٍ يَتَسَاءَلُونَ (40) عَنِ الْمُجْرِمِينَ (41) مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ (42) قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ (43) وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ (44) وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ (45) وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ (46)
(38) Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, (39) kecuali golongan kanan, (40) berada di dalam surga, mereka tanya menanya, (41) tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, (42) "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" (43) Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, (44) dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, (45) dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, (46) dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, [Al Mudatstsir: 38-46]

Orang yang meninggalkan sholat termasuk orang-orang yang berdosa yang masuk ke dalam neraka Saqar, sungguh Allah ta'ala telah berfirman :
{إِنَّ الْمُجْرِمِينَ فِي ضَلَالٍ وَسُعُرٍ (47) يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ (48)} [القمر: 47، 48]
(47) Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (48) (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah sentuhan api neraka!" [al Qomar: 47-48]

Allah azza wajalla berfirman :
{فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَنُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ} [التوبة: 11]
Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui. [Attaubah: 11]

Allah ta'ala -dalam ayat diatas- mengaitkan ukhuwwah mereka terhadap orang-orang yang beriman dengan mengerjakan sholat.

Dari Jabir radhiallohu 'anhu dia berkata : Saya telah mendengar Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"بين الرجل وبين الشرك والكفر ترك الصلاة"
"Batasan antara seseorang dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan sholat". [HR. Muslim no. 76]

Dari Abdullah bin Buraidah dari bapaknya, dia berkata : Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة، فمن تركها فقد كفر"
"Perjanjian antara kami dan mereka adalah sholat, barangsiapa yang meninggalkannya maka sungguh dia telah kufur". [HR. Attirmidzi no. 2621, Annasai no, 465 dan Ibnu Majah no. 1079 serta al Hakim dan dia men-shohihkannya serta disepakati oleh adz Dzahabi 1/6, 7]

Dari Abdullah bin Syaqiq radhiallohu 'anhu dia berkata :
"كان أصحاب محمد - صلى الله عليه وسلم - لا يرون شيئًا من الأعمال تركه كفر غير الصلاة"
"Dahulu para shahabat Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam tidaklah melihat satupun dari amal perbuatan yang ketika ditinggalkan menyebabkan kekufuran selain sholat" [HR. Attirmidzi no. 2622]

Sungguh bukan hanya satu saja ulama yang telah menyebutkan adanya ijma' shahabat akan kufurnya orang yang meninggalkan sholat.

Al Imam Ibnu Taimiyah menyebutkan bahwasanya orang yang meninggalkan sholat itu kafir "kufur akbar" karena 10 sisi.[2]

Al Imam Ibnul Qoyyim menyebutkan lebih dari 22 dalil atas kafirnya orang yang meninggalkan sholat dengan kufur akbar.[3]

Pendapat yang paling tepat yang tidak ada keraguan padanya bahwasanya orang yang meninggalkan sholat secara mutlak adalah kafir berdasarkan dalil-dalil yang tegas ini.[4]

Al Imam Ibnul Qoyyim mengatakan :
"وقد دلّ على كفر تارك الصلاة: الكتاب والسنة، وإجماع الصحابة"
"Sungguh al Kitab dan as Sunnah serta Ijma' shohabat telah menunjukkan atas kafirnya orang yang meninggalkan sholat".[5]

Hanya kepada Allah saya memohon agar memberikan taufiq kepada seluruh kaum muslimin untuk mampu menjaga ibadah sholat yang agung ini, yang merupakan syiar Islam yang paling agung setelah dua kalimat syahadat, dan juga agar memberikan taufiq kepada seluruh penguasa kaum muslimin untuk menetapkan aturan penegakan sholat bagi seluruh orang yang Allah telah berikan kuasa terhadapnya kepada mereka dan untuk mempermudah sebab terjaganya pelaksanaan sholat serta menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar.

وصلى اللَّه وسلم على نبينا محمد، وعلى آله وأصحابه أجمعين.



[1] Lihat : Tuhfatul ikhwan Bi'ajwibatin Muhimmatin Tata'alaqu Bi'arkanil Islam, oleh Samahah al-Allamah Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz, Hal. 73.
[2] Lihat : syarhul umdah karya Ibnu Taimiyah 2/81-94.
[3] Lihat : Kitabussholah karya Ibnul Qoyyim Hal. 17-26. Sungguh beliau menyebutkan 10 dalil dari al Qur'an dan 12 dalil dari as Sunnah dan Ijma' shohabat.
[4] Saya pernah mendengar syaikh kami al Imam Abdul aziz bin Abdillah bin Baz -semoga Allah menyucikan rohnya dan mengampuninya- beliau mengganggap kafir orang yang meninggalkan sholat meskipun dia meninggalkannya pada sebagian waktu saja dan meskipun tidak mengingkari akan wajibnya. Lihat : Tuhfatul ikhwan Bi'ajwibatin Muhimmatin Tata'alaqu Bi'arkanil Islam, karyanya Hal. 72.
[5] Kitabussholah hal. 17






حكم تارك الصلاة في الإسلام
الشيخ سعيد بن علي بن وهف القحطاني

الحمد للَّه وحده، والصلاة والسلام على من لا نبي بعده.
أما بعد:

فترك الصلاة المفروضة كفر، فمن تركها جاحدًا لوجوبها كفر كفرًا أكبر بإجماع أهل العلم، ولو صلَّى[1]، أما من ترك الصلاة بالكلّيّة، وهو يعتقد وجوبها ولا يجحدها، فإنه يكفر، والصحيح من أقوال أهل العلم أن كفره أكبر يخرج من الإسلام؛ لأدلة كثيرة منها على سبيل الاختصار ما يأتي:

1- قال اللَّه تعالى: ﴿ يَوْمَ يُكْشَفُ عَن سَاقٍ وَيُدْعَوْنَ إِلَى السُّجُودِ فَلا يَسْتَطِيعُونَ*خَاشِعَةً أَبْصَارُهُمْ تَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ وَقَدْ كَانُوا يُدْعَوْنَ إِلَى السُّجُودِ وَهُمْ سَالِمُونَ ﴾[2]. وهذا يدل على أن تارك الصلاة مع الكفار والمنافقين الذين تبقى ظهورهم إذا سجد المسلمون قائمة، ولو كانوا من المسلمين لأُذِنَ لهم بالسجود كما أُذِنَ للمسلمين.

2- وقال - عز وجل -: ﴿ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ * إِلا أَصْحَابَ الْيَمِينِ * فِي جَنَّاتٍ يَتَسَاءَلُونَ * عَنِ الْمُجْرِمِينَ * مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ * قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلّينَ * وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ * وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ * وَكُنَّا نُكَذّبُ بِيَوْمِ الدّينِ ﴾[3].

فتارك الصلاة من المجرمين السالكين في سقر، وقد قال اللَّه تعالى: ﴿ إِنَّ الْمُجْرِمِينَ فِي ضَلالٍ وَسُعُرٍ * يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ ﴾ [4].

3- وقال اللَّه - عز وجل -: ﴿ فَإِن تَابُواْ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ وَآتَوُاْ الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدّينِ وَنُفَصّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ ﴾[5]. فعلق أخوَّتهم للمؤمنين بفعل الصلاة.

4- عن جابر - رضي الله عنه - قال: سمعت رسول اللَّه - صلى الله عليه وسلم - يقول: "بين الرجل وبين الشرك والكفر ترك الصلاة"[6].

5- وعن عبد اللَّه بن بريدة عن أبيه، قال: قال رسول اللَّه - صلى الله عليه وسلم -: "العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة، فمن تركها فقد كفر"[7].

6- وعن عبد اللَّه بن شقيق - رضي الله عنه - قال: "كان أصحاب محمد - صلى الله عليه وسلم - لا يرون شيئًا من الأعمال تركه كفر غير الصلاة"[8].

7- وقد حكى إجماع الصحابة على كفر تارك الصلاة غير واحد من أهل العلم[9].

8- وذكر الإمام ابن تيمية أن تارك الصلاة يكفر الكفر الأكبر لعشرة وجوه[10].

9- وأورد الإمام ابن القيم: أكثر من اثنين وعشرين دليلاً على كفر تارك الصلاة الكفر الأكبر[11].

والصواب الذي لا شك فيه، أن تارك الصلاة مطلقًا كافر لهذه الأدلة الصريحة[12].

10- قال الإمام ابن القيم:: "وقد دلّ على كفر تارك الصلاة: الكتاب والسنة، وإجماع الصحابة"[13].

واللَّه أسأل أن يوفق جميع المسلمين للمحافظة على هذه الصلاة العظيمة التي هي أعظم شعائر الإسلام بعد الشهادتين، وأن يوفق جميع ولاة أمر المسلمين لإلزام من ولاّهم اللَّه أمرهم بإقامة الصلاة، وتيسير الأسباب للمحافظة عليها، وإقامة الأمر بالمعروف، والنهي عن المنكر.

وصلى اللَّه وسلم على نبينا محمد، وعلى آله وأصحابه أجمعين.



[1] انظر: تحفة الإخوان بأجوبة مهمة تتعلق بأركان الإسلام،لسماحة العلامة عبدالعزيز بن عبد اللَّه ابن باز ص73.

[2] سورة القلم، الآيتان: 42- 43.

[3] سورة المدثر، الآيات: 38- 46.

[4] سورة القمر، الآيتان: 47- 48.

[5] سورة التوبة، الآية: 11.

[6] مسلم، برقم 76.

[7] أخرجه الترمذي، برقم 2621، والنسائي، برقم 465، وابن ماجه، برقم 1079،والحاكم وصححه ووافقه الذهبي، 1/6، 7.

[8] الترمذي، برقم 2622.

[9] انظر: المحلى لابن حزم، 2/242، 243، وكتاب الصلاة لابن القيم، ص26، والشرح الممتع على زاد المستقنع، لابن عثيمين، 2/28.

[10] انظر: شرح العمدة، لابن تيمية 2/81-94.

[11] انظر: كتاب الصلاة لابن القيم ص17-26. فقد ذكر عشرة أدلة من القرآن واثني عشر دليلاً من السنة وإجماع الصحابة.

[12] سمعت شيخنا الإمام عبد العزيز بن عبد اللَّه ابن باز قدس اللَّه روحه وغفر له يُكفّر تارك الصلاة ولو تركها في بعض الأوقات، ولو لم يجحد وجوبها. وانظر: تحفة الإخوان بأجوبة مهمة تتعلق بأركان الإسلام، له: ص72.

[13] كتاب الصلاة، ص 17.


Sumber : http://www.alukah.net/sharia/0/46421/

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)