Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

Tulisan Lafdzhul Jalalah dan Muhammad -shollallahu 'alaihi wasallam- Sejajar, Bolehkah...?

Hukum Hiasan Dinding Menyandingkan Nama Allah dan Rasul-NYA
Hiasan Dinding Nama Allah dan Rasul-NYA

Penulisan Lafdzhul Jalalah (الله) dan (محمد) Sejajar dan Berdampingan
Tidak boleh menulis lafadz nama Allah (الله) dan menulis (محمد) nama Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam sejajar dan berdampingan dengan nama Allah subhanahu wata'ala, baik di kertas atau di papan dan atau di dinding; karena perbuatan seperti itu mengandung bentuk terlalu berlebih-lebihan dalam mengagungkan Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam dan menyamakannya dengan Allah subhanahu wata'ala, dan ini termasuk salah satu sarana dari berbagai macam sarana yang bisa menjatuhkan ke dalam kesyirikan. Sungguh Nabi shollallahu 'alaihi wasallam telah bersabda :
( لا تطروني كما أطرت النصارى ابن مريم ، إنما أنا عبد ، فقولوا : عبد الله ورسوله )
Janganlah kalian memujiku sebagaimana orang nasrani memuji Ibnu Maryam; Sesungguhnya saya hanyalah seorang hamba, maka katakanlah : Hamba Allah dan Rasul-Nya. [HR Bukhari]

Dan wajib hukumnya mencegah digantungnya papan-papan atau kertas-kertas tersebut, dan wajib menghapus tulisan-tulisan yang ada di dinding-dinding yang seperti itu modelnya; demi menjaga aqidah, dan demi mengamalkan wasiat Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam

[Fatawa Lajnah Ad-Daimah]

Soal : Apa pendapat Anda berkaitan dengan kartu-kartu atau papan-papan, baik yang terbuat dari kertas ataupun rajutan benang yang tertulis di dalamnya Lafdzhul Jalalah berdampingan dengan nama Nabi shollallahu 'alaihi wasallam (الله محمد)

Jawaban: Persoalan ini banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan beragam bentuk, meletakkan Lafdzhul Jalalah dan disampingnya ada nama Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam: tidak boleh. Sungguh ada seseorang yang berkata kepada Nabi shollallahu 'alaihi wasallam :

” ما شاء الله وشئت ”
Apa yang Allah dan Engkau kehendaki

Maka Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda :

( أجعلتني لله ندا بل ما شاء الله وحده )
(Apakah Engkau menjadikan Aku tandingan bagi Allah? tidak seperti itu, akan tetapi apa yang Allah ta'ala semata kehendaki) [HSR. Ibnu Majah]

Apabila tujuan dari menggantung papan yang di dalamnya tertulis nama Nabi shollallahu 'alaihi wasallam adalah dari sisi untuk mencari berkah : maka ini juga tidak boleh; karena mencari berkah itu hanya dengan konsisten mengamalkan sunnah Nabi shollallahu 'alaihi wasallam, dan berjalan diatas hidayah petunjuknya.

[Syaikh Muhammad bin Sholeh al Utsaimin]


Teks Arab


كتابة لفظ الجلالة ( الله ) وكتابة ( محمد ) محاذيا له
لا تجوز كتابة اسم الجلالة ( الله ) وكتابة ( محمد ) اسم الرسول صلى الله عليه وسلم محاذيا له في ورقة أو في لوحة أو على جدار ؛ لما يتضمنه هذا العمل من الغلو في حق الرسول صلى الله عليه وسلم ومساواته بالله ، وهذا وسيلة من وسائل الشرك ، وقد قال عليه الصلاة والسلام ( لا تطروني كما أطرت النصارى ابن مريم ، إنما أنا عبد ، فقولوا : عبد الله ورسوله ) – رواه البخاري – ، والواجب منع تعليق هذه اللوحات أو الورقات ، وطمس الكتابات التي على الجدران التي على هذا الشكل ؛ حماية للعقيدة ، وعملا بوصية الرسول صلى الله عليه وسلم
” فتاوى اللجنة الدائمة ”
س: ما رأيكم في البطاقات واللوحات سواء الورقية أو المصنوعة من الخيوط والتي يكتب عليها لفظ الجلالة مقرونا باسم النبي عليه الصلاة والسلام ” الله محمد ” ؟
ج: هذه المسألة كثرت في الناس على أوجه متعددة ، ووضع لفظ الجلالة وبجانبه اسم الرسول عليه الصلاة والسلام : لا يجوز ، وقد قال رجل للنبي صلى الله عليه وسلم ” ما شاء الله وشئت ” فقال النبي صلى الله عليه وسلم ( أجعلتني لله ندا بل ما شاء الله وحده ) – رواه ابن ماجه وهو حديث صحيح – .
وإذا كان الهدف من تعليق لوحه عليها اسم النبي صلى الله عليه وسلم من قبيل التبرك : فهذا غير جائز أيضا ؛ لأن التبرك إنما يكون بالتزام سنة النبي صلى الله عليه وسلم ، والاهتداء بهديه .
الشيخ محمد بن صالح العثيمين


Foto Sumber


Hukum Penulisan Nama Allah dan Rasul-NYA Secara Berjejer
Hukum Penulisan Nama Allah dan Rasul-NYA Secara Berjejer

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)