Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

Ketika Pakaian Kena Mulut Anjing, Apa Yang Harus Dilakukan...?

Cara Membersihkan Liur Anjing pada Pakaian
Cara Membersihkan Liur Anjing pada Pakaian
Pertanyaan :
Apakah mencuci pakaian yang terkena najis karena anjing, di mesin cuci, sudah cukup untuk menghilangkan najisnya atau harus mencucinya dengan tangan tujuh kali, salah satunya dengan tanah? Jazaakumullaahu khairan

Jawab :
Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah, semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah -shollallahu 'alaihi wasallam- serta kepada seluruh keluarga dan para shahabatnya.

Pakaian yang terkena najis anjing harus dicuci tujuh kali, dan mencucinya sebanyak tujuh kali dalam mesin cuci sudah mencukupi, dengan syarat salah satu cuciannya menggunakan sabun, atau menggunakan apa saja yang bisa menggantikan fungsi sabun.

Ada soal-jawab dalam Fatawa Lajnah Da'imah Lil-ifta' -terkait masalah ini- :

Soal : Apa hukum air liur anjing apabila mengenai badan seseorang dan apabila mengenai pakaian? Apa hukum pakaian lain yang dicuci bersama pakaian tersebut di dalam mesin cuci dengan air yang sama?

Jawab : Air liur anjing hukumnya najis, wajib mencuci apa saja yang terkena air liur anjing, baik berupa wadah/bejana ataupun pakaian; berdasarkan sabda Nabi -shollallahu 'alaihi wasallam- :
«طهور إناء أحدكم إذا ولغ فيه الكلب أن يغسله سبع مرات أولاهن بالتراب »
Yang menjadikan suci bejana/wadah milik salah seorang diantara kalian apabila anjing minum dan menjilatnya adalah mencucinya sebanyak tujuh kali, cucian pertama dengan menggunakan tanah. [HR. Muslim]

Apabila pakaian dimasukkan ke dalam air yang suci dan dicuci hingga hilang bekas najisnya, semuanya menjadi suci dan bersih dari najis anjing dan najis lainnya, dengan syarat mencucinya dari najis anjing harus berulang sebanyak tujuh kali, cucian pertama dengan menggunakan tanah atau apa saja yang bisa menggantikan fungsi tanah, seperti sabun dan Asy-nan (sejenis tumbuhan yang biasa digunakan untuk membersihkan tangan dan pakaian).

Wallahu a'lam.

Sumber : كيفية تطهير الملابس التي أصابتها نجاسة الكلب


Teks Arab


السؤال
هل غسل الملابس التي أصابتها نجاسة من الكلب، في الغسالة الكهربائية، يكفي لإزاله النجاسة أم لا بد من غسلها باليد سبع مرات إحداهن بالتراب ؟ وجزاكم الله خيرا.
الإجابــة
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعد:
فالملابس التي أصابتها نجاسة الكلب، لا بد من غسلها سبع مرات، ويجزئ غسلها سبعا في الغسالة الكهربائية، بشرط أن تكون إحدى الغسلات بالصابون، أو ما يقوم مقامه.
جاء في فتاوى اللجنة الدائمة للإفتاء: ما حكم لعاب الكلب إذا وقع على جسم الإنسان، وإذا وقع على الثياب؟ وما حكم الثياب التي تغسل مع تلك الثياب في غسالة واحدة وماء واحد؟
ج ـ : لعاب الكلب نجس، يجب غسل ما أصابه من إناء أو ثوب؛ لقوله - صلى الله عليه وسلم -: «طهور إناء أحدكم إذا ولغ فيه الكلب أن يغسله سبع مرات أولاهن بالتراب » . والثياب إذا ألقيت في الماء الطهور وغسلت حتى زال أثر النجاسة عنها، طهرت جميعا من نجاسة الكلب وغيره، بشرط أن يتكرر غسلها من نجاسة الكلب سبع مرات، تكون أولاهن بالتراب أو ما يقوم مقامه كالصابون والأشنان.
انتهى
والله أعلم.

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)