Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

Kaidah Shorof 009 || Cara Mudah Mengetahui Makna Kata Kerja Bahasa Arab dengan Bantuan Kamus

Cara Buka Kamus Bahasa Arab dan Menemukan Makna Kata dengan Mudah

Perhatikan :
  1. Fi'il (يَحْمِلاَنِ) adalah fi'il mudhori', huruf aslinya adalah (ح م ل), dan huruf tambahannya adalah : ya' mudhara'ah, alif mutsanna dan nun.
  2. Fi'il (طَلَبَا) adalah fi'il madhi, huruf aslinya adalah (طَ لَ بَ), sementara huruf alif itu adalah dhomir mutsanna.
  3. Fi'il (اُتْرُكَانِي) adalah fi'il amr, huruf aslinya adalah (تَ رَ كَ), dan huruf-huruf tambahannya adalah : hamzah washol fi'il amr; alif mutsanna; nun dan dhomir ya' mutakallim.

Setelah kita menghapus huruf-huruf tambahannya, sekarang kita punya tiga fi'il tanpa huruf tambahan yaitu :
  1. حَمَلَ
  2. طَلَبَ
  3. تَرَكَ
Lantas bagaimana caranya supaya kita dapat menemukan ketiga kata ini di dalam kamus bahasa Arab?
  1. Kamus bahasa Arab tersusun dari 28 bab, setiap huruf dari huruf-huruf bahasa Arab memiliki bab tersendiri di dalam kamus tersebut (Bab alif, bab ba', bab ta' dst). Di dalam kamus ada bab hamzah, disitu kita akan dapatkan kata : أَخَذَ، أَكَلَ، أَسَرَ; karena semua kata kerja ini diawali dengan hamzah. Di dalam kamus juga ada bab ba', di dalamnya kita dapatkan kata kerja : بَحَثَ، بَدَأَ، بَعَثَ; dst.
    Bab demi bab di dalam kamus tersusun berdasarkan huruf-hiruf hijaiyah, dan sebagaimana kita ketahui huruf hijaiyah tersebut sebagai berikut:
    ((أ - ب - ت - ث - ج - ح - خ - د - ذ - ر - ز - س - ش - ص - ض - ط - ظ - ع - غ - ف - ق - ك - ل - م - ن - و - ي))
  2. Wajib bagi kita untuk menghapus huruf-huruf tambahan pada setiap kata, dan kita kembalikan kata tersebut menjadi fi'il madhi murni tanpa tambahan, jadi kita mengubah (يَحْمِلاَنِ) menjadi (حَمَلَ), (طَلَبَا) menjadi (طَلَبَ) dan (اُتْرُكَانِي) menjadi (تَرَكَ), lalu kita cari (حَمَلَ) maka akan mudah kita dapatkan di bab ha' di dalam kamus, demikian pula kita dapatkan (طَلَبَ) di bab tho' dan (تَرَكَ) di bab ta'.
  3. Apabila kita punya dua kata kerja (تَعِبَ) dan (تَرَكَ), manakah dari kedua fi'il ini yang akan kita dapatkan pertama kali di dalam kamus?
    Kita akan menemukan (تَرَكَ) dulu baru (تَعِبَ), karena huruf ro' terletak setelah huruf ain, berdasarkan urutan huruf hijaiyah.

Kaidah Shorof untuk Menemukan Makna Kata dengan Mudah

Kaidah :
Apabila kita ingin melihat kamus untuk mengetahui makna beberapa kata (kata kerja) :
  • Kita ubah terlebih dahulu kata tersebut menjadi fi'il madhi murni tanpa huruf tambahan dengan cara menghapus semua huruf tambahannya, seperti : hamzah washol fi'il amr; huruf mudhora'ah; dhomir muttashil, kemudian setelah itu kita cari berdasarkan huruf pertama dari fi'il madhi tersebut di dalam kamus.



“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)