Jadwal Kajian Rutin & Privat Bahasa Arab | Pesantren Terbuka "As-Sunnah" Selayar

200 Soal Jawab Dalam Bidang Aqidah Islamiyah

Kajian Kitab Rutin Tiap Ahad Malam Antara Maghrib & Isya
Masjid Baiturrahman Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Kepulauan Selayar
Berkata Asy-Syaikh Hafidz bin Ahmad bin Ali Al Hakamiy dalam Muqaddimah Kitabnya "أعلام السنة المنشورة لاعتقاد الطائفة الناجية المنصورة" :

Kitab ini adalah kitab yang ringkas penuh manfaat, besar faidahnya serta melimpah kebaikannya, mencakup kaidah-kaidah agama dan mengandung dasar-dasar tauhid yang didakwahkan oleh para Rasul dan yang diturunkan kitab-kitab Allah karenanya, dan yang tidak ada keselamatan bagi orang yang beragama dengan selainnya.

-Kitab ini juga- menunjukkan dan memberikan bimbingan menempuh jalan yang putih bersih dan manhaj yang haq lagi jelas. Saya jelaskan didalamnya perkara-perkara iman dan cabang-cabangnya, dan apa saja yang bisa menghapusnya secara keseluruhan atau apa saja yang bisa mengurangi kesempurnaannya.

Saya sebutkan didalamnya setiap permasalahan disertai dengan dalilnya, agar jelas perkaranya, dan nampak hakekatnya serta terang jalannya. Saya mencukupkan diri padanya diatas mazhab Ahlusunnah wal Ittiba', dan Saya tidak menggunakan pendapat-pendapat Ahlul Ahwa' wal Ibtida'; karena pendapat mereka tidaklah diucapkan kecuali untuk membantahnya dan melepaskan panah sunnah kearahnya, dan sungguh telah bangkit membela para Imam yang Mulia untuk membongkar keburukan-keburukannya, mereka menyusun tulisan-tulisan tersendiri dalam membantah dan menjauhkannya -dari ummat-. Meski sesungguhnya sesuatu yang bertentangan itu dapat diketahui melalui lawannya, namun juga akan jelas maksudnya dengan mendefinisikan batasan-batasannya secara tersendiri -tanpa menyebutkan lawannya-, oleh karena itu apabila matahari telah terbit maka "siang" tidak butuh lagi dicarikan dalil, dan apabila telah jelas dan terang kebenaran, maka tidak ada lagi setelahnya kecuali kesesatan.

Saya menyusun -kitab ini- dengan metode pertanyaan agar para santri terbangun sadar dan memperhatikan, kemudian saya gandengkan dengan jawaban yang dengannya akan menjadi jelas persoalannya dan tidak menjadi samar.

Saya namakan -kitab ini- dengan : "أعلام السنة المنشورة لاعتقاد الطائفة الناجية المنصورة"

Hanya kepada Allah saya meminta agar menjadikannya semata-mata mengharapkan Wajah-Nya yang Maha Tinggi, dan memberikan manfaat kepada kita dengan sebab ilmu yang kita miliki serta mengajarkan kepada kita apa saja yang bermanfaat bagi kita, -semua itu merupakan- nikmat dan karunia dari-Nya, sesungguhnya Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu dan Maha Lembut lagi Maha Mengetahui terhadap hamba-hamba-Nya, hanya kepada-Nya tempat ruju' dan kembali, Dia-lah Maula kita, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

________________________________________

Download
أعلام السنة المنشورة لاعتقاد الطائفة الناجية المنصورة (الكتاب نشر - أيضا - بعنوان: 200 سؤال وجواب في العقيدة الاسلامية)

2 komentar

untuk beli fisiknya jual ga akhi yang 200 tanya jawab aqidah islam,klw jual bisa hubungi +62 822-2177-7577 , syukron

Afwan akh!, untuk sementara, tidak jual.

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.”
(HR. Al-Bukhari 6089 & Muslim 46)